Tehnik Sablon - Belajar Sablon - Alat Sablon - Cara Menyablon - Obat Sablon

Arumi. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 17 September 2014

Jenis Rakel Sablon

Tidak ada komentar :
Jenis Rakel Sablon - Kali ini kita akan membahas tentang jenis rakel sablon gais , ini sambungan dari frame untuk papan sablon ya , ini seperti adik dan kakak , ga bisa dipisahhkan pokok nya :) hehehew
 berbagi tentang jenis-jenis rakel yang digunakan untuk menggesut atau menggaruk pasta sablon. Yang terlihat pada gambar itu rakel kayu, ada juga rakel almunium. Pada dasarnya untuk penggunaan sama saja, hanya saja rakel almunium lebih mudah dibersihkan setelah kita selesai menyablon, untuk jenis karetnya sama.

 Rakel ada untuk sablon tangan dan ada yang untuk di mesin sablon. Maksud rakel disini adalah karet rakelnya. Yang membuat rakel bermacam-macam adalah bentuk dari ujung rakel tersebut dan jenis warna dan ketebalannya. Bentuk ujung rakel di ilustrasikan seperti dalam gambar berikut :

Ketebalan dari karet rakel berbeda-beda. Biasanya yang berpenampang persegi lebih tebal daripada yang berpenampang lancip. Ketebalan ini pun mengakibatkan sudut kemiringan saat menggunakan kedua rakel tersebutpun jadi berbeda. Dilihat dari bentuknya aja sudah berbeda. Yang satu persegi dan yang satu lancip (sudah membentuk sudut). Otomatis sudut kemiringan rakel saat digunakan untuk nyablon jadi berbeda.
 
Sudut kemiringan kedua jenis rakel ini sama, rakel yang memiliki sudut runcing akan lebih rendah sudut kemiringannya, karena pada bagian ujungnya sudah terbentuk sudut. Hal ini akan membuat deposit tinta yang turun ke kaos semakin banyak. Hal ini yang biasanya menyebabkan hasil sablonan blobor(meluber).
 
 
 


Jadi tentukan dulu jenis sablonnya..kemudian pilih alat-alat yang tepat. Kesalahan dalam memilih rakel menyebabkan hasil output sablon yang tidak maksimal bahkan bisa menghasilkan sablon yang cacat/gagal.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar